Laman

majid

Rabu, 22 Oktober 2014

Tiori Yin Yang dan pergerakan lima unsur (using) alam semesta

Teori Yin Yang Wu Sing merupakan dua teori, yaitu Yin Yang dan Wu Sing yang mendasari cara berpikir atau falsafah Tiongkok kuno. Teori Yin Yang menyatakan segala sesuatu yang berada di alam semesta dibentuk, dilahirkan, bergerak, berkembang, dan berubah karena dorongan atau bimbingan dua aspek yang berlawanan, yaitu aspek Yin dan aspek Yang. Hal itu menyatakan, segala sesuatu yang berada di alam semesta ini pasti terdapat aspek Ying dan aspek Yang. Di antara Yin dan Yang selain terdapat hubungan saling bertentangan, juga mempunyai hubungan saling mengandalkan, saling tarik menarik dan saling membentuk, serta pada kondisi tertentu dapat berubah dari satu aspek ke aspek lawannya.
Teori Wu Sing atau teori pergerakan lima unsur merupakan pengembangan dari teori Yin Yang. Dalam teori Wu Sing digunakan lima(5) macam benda untuk mewakili lima unsur, yaitu kayu, api, tanah, logam dan air sebagai dasar penggolongan segala sesuatu di alam semesta ini. Dengan cara penggolongan itu dapat di interpretasikan hubungan-hubungan diantara lima unsur tersebut. Berdasarkan teori Wu Sing antara kelima unsur itu mempunyai hubungan menghidupkan dan membatasi. Segala sesuatu di alam semesta ini bergerak dan berubah mengikuti kaidah pergerakan lima unsur tersebut.
Dalam ilmu kedokteran timur, teori Yin Yang Wu Sing digunakan dalam berbagai bidang, seperti fisiologi, patologi, etiologi, penganalisaan penyakit, menegakkan diagnosis, dan pengobatan.
Teori Yin Yang
Isi yang tercakup di dalam teori Ying Yang
Teori Yin Yang mencakup Yin Yang saling mengandalkan, Yin Yang saling bertentangan, Yin Yang saling menarik, dan Yin Yang dapat berubah dari satu pihak ke pihak lawannya.
Yin Yang Saling Mengandalkan
Keberadaan antara Yin dan Yang memberikan arti, keduanya dapat hadir berdampingan, hidup saling mengandalakan pihak lain dan saling membutuhkan. Hal itu berarti Ying ataupun Yang tidak dapat berdiri sendiri. Kehadiran Yin harus ditunjang Yang. Sebaliknya, kehadiran Yang juga perlu ditunjang Yin. Dengan demikian, dapat dikatakan Yin berakar pada Yang, dan Yang berakar pada Yin
U Sing adalah merupakan teori yang terpenting setelah teori yin yang. Berkembang dari teori yin yang dengan menilai sifat khusus dari lima unsur benda dalam alam semesta dan penjelasan tentang kuat lemahnya yin yang, ia menunjukkan cara penggolongan benda benda sejenis dan menjelaskan hub nya masing masing masing.
Hkum pergerakan lima unsur (WU XING)
Salah satu teori pengobatan dalam akupunktur adalah hukum lima unsur. TCM (traditional Chines Medicine) sangat erat dengan teori ini sebagai dasar diagnosa dan pengobatan. Fenomena penyakit banyak dilihat berdasarkan teori ini. Teori Pergerakan 5 Unsur hampir sama tuanya dengan teori Yin Yang dan merupakan salah satu dasar TCM yang cukup penting.
Teori Pergerakan 5 Unsur hampir sama tuanya dengan teori yin-yang dan merupakan salah satu dasar TCM yang cukup penting. Dalam buku Shang Shu yang ditulis pada dinasti Zhou Barat (1000-771 SM) menyebutkan, “The 5 elements are water, fire, wood, metal & earth …”. Demikian pula yang di tulis dalam Shang Shu Da Chuan (Great Transmission of the Valued Book) yang ditulis pada masa dinasti Han Barat (206 SM-24 M) yaitu “Water and fire provide food, metal & wood provide prosperity, and the earth makes provision …”.
Teori pergerakan lima unsur dikemukakan pertama kali pada dinasti Yin dan Zhou 1600-221 sebelum masehi. Ke lima unsur diperlukankan untuk mempertahankan kehidupan dan pembentukan materi.Teori pergerakan lima unsur dalam pengobatan trsadisional dapat diartikan sebagai fenomena fisiologis maupun patofisiologis dalam kedokteran modern.
Wu Xing adalah pergerakan dan perubahan dari lima unsur yang berupa : kayu, api, tanah, logam, air. Dimana “Wu” berarti “lima” menunjukkan lima unsur pembentuk alam semesta yang berupa kayu, api, tanah, logam dan air, sedangkan “Xing” adalah “pergerakan” dan perubahan dari kelima unsur tersebut. Dari teori inilah tubuh di kelompokkan secara anatomis jadi 5 organ, fisiologi 5 organ, jaringan 5 organ, alat indra 5 organ, aktifitas emosi 5 organ dan patologinya.
Meskipun memiliki sifat yang berbeda-beda kelima unsur tetap saling berhubungan, bergantung satu sama lain. Teori lima unsur digunakan untuk menjelaskan berbagai fenomena alam sehingga bersama-sama teori Yin Yang merupakan konsepsi untuk menganalisa seluruh fenomena. Dalam akupunktur teori lima unsur digunakan untuk menjelaskan sifat-sifat dan hubungan organ Zang Fu serta hubungan antara manusia dengan semesta alam. Di samping itu teori lima unsur digunakan pula untuk diagnosis dan terapi akupunktur.
Sifat karakteristik spesifik dasar dari setiap kelima unsur :
1. Karakteristik spesifik unsur kayu adalah harmonis, tumbuh, lurus yang artinya bahwa kayu memiliki sifat dan guna tumbuh berkembang, harmonis serasi, dapat lurus maupun bengkok. Dengan mengikuti kaedah tersebut maka segala sesuatu yang mempunyai sifat tumbuh berkembang, naik menyebar, bebas, lancar terbuka dikelompokkan dalam unsur kayu.
2. Karakteristik spesifik unsur api adalah membakar keatas yang artinya bahwa api memiliki sifat panas membara dan membumbung naik keatas, sehingga dengan mengikuti kaedah tersebut maka segala sesuatu yang memiliki sifat dan guna yang panas, membara, menguap naik keatas, terang dikelompokkan dalam unsur api.
3. Karakteristik spesifik unsur tanah adalah menyemai dan menumbuhkan tanaman yang artinya bahwa tanah memiliki sifat menerima, menumbuhkan, menahan sehingga dengan mengikuti kaedah tersebut maka segala sesuatu yang memiliki sifat dan guna menunmbuhkan dan merubah, menerima, menahan dikelompokkan dalam unsur tanah.
4. Karakteristik spesifik unsur logam adalah mengolah dan berubah, karena didalam alam bebas jarang diketemukan logam secara murni (langsung jadi), sedangkan adanya logam haruslah melalui pengolahan dan perubahan dari bahan tanah, dimana bobot dari logam adalah berat dan biasanya dipakai sebagai bahan pembunuh, sehingga dengan mengikuti kaedah tersebut maka segala sesuatu yang memiliki sifat dan guna berat tenggelam/turun, serius membunuh, bersuara, menerima dan mengkerut dikelompokkan dalam unsur logam
5. Karakteristik spesifik unsur air adalah membasahi dan turun kebawah, sehingga dengan mengikuti kaedah tersebut maka segala sesuatu yang memiliki sifat dan guna melumas, membasahi, mengalir kebawah, dingin, tertutup dan menyimpan dapat dikelompokkan dalam unsur air.
Hukum pergerakan lima unsur:
1. Hubungan Saling Membentuk/Saling Menghidupi /Ibu Dan Anak
Saling menghidupi merupakan hubungan saling menjadikan, membantu pertumbuhan, dan mempercepat perkembangan dari kelima unsur. Dimana menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang harmonis secara beraturan antara kayu, api, tanah, logam dan air. Usaha menghidupkan antara unsur yang satu dengan yang lain selalu mengikuti suatu siklus yang teratur : kayu menghidupi api, api menghidupi tanah, tanah menghidupi logam, logam menghidupi air dan air menghidupi kayu.
Siklus ini akan terus berputar dalam suatu keseimbangan yang dinamis. Hubungan saling menghidupi ini juga dikenal sebagai hubungan ibu-anak. Berdasarkan hubungan ini ada unsur yang menjadi ibu dari unsur yang lain, atau dengan kata lain suatu unsur bersifat keibuan (mengasuh,menghidupi, membentuk) terhadap unsur lain. Apabila sang ibu sakit maka anakpun bisa ikut sakit, apabila sang ibu dalam kondisi yang tidak maksimal maka unsur anakpun bisa jadi tidak maksimal.
2. Saling Membatasi
Yang dimaksud dengan saling membatasi adalah hubungan saling menahan atau saling membatasi antara kelima unsur. Secara filosofis dapat ditunjukkan bahwa air akan memadamkan api. Pohon yang tumbuh membesar akan mendesak tanah. Api akan melelehkan logam. Tanah akan membendung air. Logam akan memotong kayu.
3. Saling Menindas
Menindas dalam teori lima unsur diartikan sebagai hubungan membatasi yang terlalu berlebih terhadap unsur yang secara normal dibatasinya. Hubungan penindasan terjadi apabila unsur yang dibatasi menjadi defisien atau unsur pembatas menjadi ekses. Keadaan penindasan ini merupakan keadaan patologis yang dapat membahayakan.
4. Saling Menghina
Apabila unsur yang bersifat membatasi mempunyai kekutan lebih lemah dari yang di batasi maka akan terjadi hubungan penghinaan dari unsur yang dibatasi kepada unsur yang seharusnya membatasi. Hubungan penghinaan terjadi pada hubungan yang terbalik pada pembatasan, sebagai contoh dalam keadaan normal kayu membatasi tanah tetapi dalam keadaan patologis tanah berbalik menghina kayu akibat defisiensi kayu atau ekses tanah.
Aplikasi Teori Lima Unsur :
• Untuk menerangkan fisiologi dan patologi organ Zhang Fu
• Untuk menerangkan hubungan antara organ
• Sebagai penuntun untuk menerangkan pemeriksaan dan diagnosa penyakit
• Untuk memprediksi kondisi penyakit dan menentukan pragnosa (kemungkinan penyakit menjadi lebih parah atau baik)
• Penuntun penggunaan obat herbal dan tanaman berkhasiat obat
• Memahami penjalaran dan perubahan penyakit
• Menentukan prinsip terapi dan cara terapi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mohon Kritik dan Saran