Entri Populer

Minggu, 31 Mei 2015

Filosifi Catur Dalam Kehidupan

elain menjadi salah satu cabang olah raga yang eksklusif, saat ini permainan catur sudah menjadi suatu hiburan bagi masyarakat. Permainan antara dua orang yang saling adu strategi ini siap membawa pecintanya berlama-lama memainkannya. Siapa saja yang mempunyai strategi lebih baik, maka dia punya kesempatan untuk memenangkannya. Untuk memainkannya juga sangat sederhana, cukup mengerti tentang aturan mainnya maka kita sudah bisa bermain catur.

Sahabat, ketika kita sudah memainkannya, kita tidak hanya akan menemukan kesenangan belaka. Jika kita renungkan lebih jauh lagi kita akan menemukan sebuah filosofi hebat tentang kehidupan dalam permainan catur. Apa saja itu?


1. Jangan Pernah Meremehkan Kemampuan Diri Sendiri dan Orang Lain 
Dalam permainan catur terdapat sebuah pion. Hanyalah sebuah prajurit biasa. Namun jika ia bisa sampai petak terakhir, ia bisa promosi dan menjadi jauh lebih hebat seperti halnya benteng, kuda, gajah ataupun menteri. Seperti halnya dengan kehidupan, meskipun saat ini kita bukanlah siapa siapa, terlihat tidak berbakat ataupun belum berhasil, tetapi jika kita terus berjalan hingga garis akhir, maka bukan suatu yang mustahil jika suatu saat nanti kita bisa menjadi seseorang yang besar, berpengaruh dan bermanfaat bagi lingkungan.

2. Mengambil Keputusan Tepat dan Bijak Dalam Situasi Terjepit
Dalam permainan catur bisa muncul situasi skak, dimana diposisi ini raja sebagai aktor yang harus tetap hidup harus mengambil keputusan tepat agar sebuah kesatuan tetap bertahan dalam permainan. Seperti halnya dalam kehidupan, terkadang kita juga dihadapkan pada posisi yang sulit. Dari permainan catur kita bisa belajar bagaimana mengambil keputusan yang tepat ketika berada dalam posisi terjepit agar tetap survive dalam menjalani langkah-langkah kehidupan.

3. Selalu Melangkah dan Munculkan Gagasan Baru
Kemenangan dalam permainan catur adalah ketika kita berhasil mematikan raja lawan. Diperlukan banyak langkah dan strategi yang bervariasi untuk mencapai kemenangan tersebut, walaupun kadangkala kita juga bisa menang hanya dengan beberapa langkah. Seperti halnya dalam kehidupan ini, keberhasilan kita harus dilalui dengan langkah demi langkah dan selalu memunculkan gagasan-gagasan baru dalam langkah-langkah kita meuju tercapainya sebuah tujuan.

4. Berani Berkorban Untuk Hasil Yang Lebih Besar
Sebelum permainan dimulai kita dilengkapi dengan enam belas buah catur yang mempunyai satu tujuan untuk mengalahkan raja musuh. Dalam setiap langkah kita akan dihadapkan untuk mengambil keputusan mengorbankan pemain guna bertahan atau mungkin pengorbanan tersebut hanyalah sebuah strategi. Seperti halnya dalam kehidupan, untuk memperoleh sesuatu yang berharga perlu adanya pengorbanan baik itu tenaga, pikiran ataupun materi.

5. Kita Tidak Sendirian, Kita Membutuhkan Orang Lain 
Dalam permainan, setiap catur mempunyai kelebihan masing-masing dan merupakan sebuah kesatuan dalam permainan itu sendiri. Seperti halnya dalam kehidupan, kita mempunyai kelebihan yang berbeda dari orang lain. Dari perbedaan tersebut kita bisa mengambil sebuah hikmah bahwa kita didunia ini telah dilengkapi dengan  kelebihan-kelebihan orang lain yang bisa digunakan untuk menutupi kekurangan kita. Untuk memperoleh kesuksesan, kita membutuhkan orang lain.

Itulah tadi filosofi-filosofi dalam permainan catur yang bisa kita terapkan dalam kehidupan. Terima kasih telah membaca artikel ini semoga bermanfaat untuk sahabat semua.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mohon Kritik dan Saran